Hello bosko!
Sebelumnya saya mau mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1436 H untuk teman-teman yang sedang merayakannya :mrgreen:

image

Straight to the point aja deh ya boskooo….
Jadi di Kota yang paling dicintai di dunia versi WWF ini KOTA BALIKPAPAN lagi hebring isu pelaksanaan MOS yang dalam hitungan beberapa hari lagi akan dilaksanakan. So pasti pro kontra adalah hal yang lumrah. Yang pasti satu hal: BERBEDA ITU BIASA, SALING HARGAI! Namanya juga manusia, 100 kepala bullshit pikirannya sama semua.

Well, MOS ini jadi isu yang makin hangat di sosial media khususnya untuk remaja Balikpapan yang akan menjalaninya (SMP & SMA). Yang akan menjalani MOS (siswa baru), meminta agar MOS tidak ada unsur bullying dan kalau bisa ramah anak. Kalau yang dimaksud “bullying” disini adalah seperti : pakai name tag berbahan kardus bekas, tas berbahan kompek, pita berbahan sedotan, dibentak senior, dll (you name it lah). Apakah teman-teman merasa ini bentuk bullying? Atau malah ada yang lain yang lebih ekstrim? Atau justru MOS yang begini akan dikenang sepanjang masa?

Pointnya disini : Jadikanlah MOS yang cuma 3 hari untuk dikenang setiap hari! Make it memorable and unforgettable!

WARISKAN MOS YANG TAULADAN UNTUK DILANJUTKAN!

Kalau dari penyelenggara MOS (OSIS) menganggap ini hal biasa aja. Ada juga yang bilang ‘untuk melatih mental’ bahkan warisan dari senior terdahulu ☺ yang pasti, mau nggak mau, suka tidak suka MOS pasti ada dan akan jadi ajang pemanasan sebelum masuk sekolah. Pertanyaannya kemudian: bentuk MOS seperti apa sih yang ideal untuk diterapkan? Apakah benar dengan cara (yang sudah disebutkan) benar benar melatih mental? Atau malah menjatuhkan mental? Sudah berkualitaskah ini semua?

in my very humble opinion (IMHO), kalau cara cara yang melatih mental masih banyak yang bisa diterapkan selain cara cara di atas (saya sarankan khususnya penyelenggara MOS banyak baca dan sharing untuk menerapkan bentuk MOS yang ideal).

Kita kembali ke kata MOS (masa ORIENTASI siswa) dulu yuk! Idealnya, MOS di sekolah harusnya jadi ajang untuk memperkenalkan sekolah (prestasi sekolah dan visi misi sekolah) agar bisa menumbuhkan rasa bangga siswa sama sekolahnya dan menstimulasi siswa menjadi kreatif. Sederhananya : menjadikan sekolah sebagai tempat yang aman dan nyaman untuk belajar selama 3 tahun ke depan :mrgreen:

Saran saya untuk OSIS sebagai penyelenggara MOS : maknailah kata ‘senior’ sebagai panutan(tauladan), maka kalian akan tahu harus bersikap seperti apa ke junior. Jadikan MOS di sekolah kalian sebagai ajang kompetisi siswa baru (junior kalian) untuk saling berlomba mengharumkan nama sekolah kalian. Seleksi anggota panitia MOS dan bekali kapasitas untuk mereka agar tidak salah gocek memberikan orientasi di lapangan (saya punya beberapa teman yang bisa membantu untuk memberikan kapasitas ini) just let me know 😉 Paling penting : Buatlah junior kalian BANGGA memiliki senior seperti Anda!

Untuk yang akan di MOS, nikmatin aja boskoh! Insha Allah MOS akan jadi momentum awal kalian untuk bangga sama sekolah dan seisinya. Juga akan jadi ajang kalian untuk memperkaya pengalaman lewat sharing dengan teman teman baru yang unik dan beragam 👪 once you get it wrong, just report it!

Untuk sekolah: cukup awasi pelaksanaan MOS nya ya Bapak/Ibu guru! Kami haus akan nasihat bijak Bapak/Ibu guru untuk membimbing kami!✌

image

Untuk kita semua : BANYAK BACA dan SERING-SERING BERDISKUSI BERTUKAR PIKIRAN!

Tulisan ini adalah untuk refleksi bersama, tidak untuk mencari siapa yang benar/salah. Semoga MOS menjadi ajang untuk meningkatkan kreativitas dan meningkatkan prestasi individu maupun sekolah. Tidak untuk unjuk gigi mencari sensasi dan eksistensi yang berlebihan. Kalau teman teman punya karya, otomotis akan eksis kok! Tenang aja boskoh! Come on! Remaja Balikpapan kreatif kreatif kok, salurkan kreativitas dengan benar! INGAT! ASEAN COMMUNITY Desember ini sudah mulai diterapkan, isi masa remaja dan masa muda kita se-produktif mungkin! What we are doing at this moment is an investation of what we will gain in the future! 

 LET’S DO IT RIGHT & ON TRACK!

 

-Apakah sekolah kamu adalah sekolah percontohan untuk pelaksanaan MOS terbaik?
-Apakah saya telah menjadi panitia MOS yang layak dicontoh adik-adik kelas saya?

*ask to yourself, take a deep breath and answer it honestly!* only God and you who know it 🙂

ps: kalau teman-teman punya pendapat silahkan berikan komentar melalui kolom komentar dibawah dan atau melalui sosial media saya yang lain di :

instagram : muhammadami3011
askfm : muhammadami
periscope : ami_ecb

*ditulis sambil refleksi diri dan nonton bulutangkis.
*terima kasih kalian yang sudah curhat tengah malam memberiku inspirasi untuk menulis ini.

Advertisements

3 thoughts on “MOS, saatnya BERKREASI atau SENSASI (?)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s